5/17/11

Jawaban

Kamu berjalan menyusurinya
Melangkah, mencari-cari
Meraba yang mungkin tak pernah ada
Merengkuh yang sepertinya tak nyata
Akankah mampu?
Kamu tak kunjung menghentikan langkahmu
Masih dan tetap mencari-cari
Berusaha menggapai jawaban itu
Dan akhirnya, kamu mampu
Kamu tahu, kamu mendapatinya
Meski tak sesuai yang kamu harapkan
Tapi begitulah kehendakNya
Bersyukurlah,
Ia menuntunmu menemukan jawaban itu..


Saya bisa merasakannya. Saat tanpa tahu alasannya, saya bisa memutuskan sesuatu. Sebelumnya saya masih mencari-cari jawaban itu. Terus bertanya pada-Nya. Yang mana kehendak-Nya? Jalan mana yang seharusnya saya tempuh? Dan tiba-tiba saja saya mampu, saya mendapatinya.

Saya percaya tidak ada yang namanya kebetulan. Mana mungkin Ia menciptakan kita asal-asalan aja? Nggak mungkin Dia merencanakan segala sesuatu untuk kita itu secara acak. Karna Ia sempurna, begitu juga dengan segala rencana-Nya :) 

Dulu saya khawatir. Saya berpikir, pasti sulit sekali untuk mengerti kehendak-Nya. Sedangkan, untuk mengerti kehendak sesama kita aja susahnya minta ampun. Apalagi kehendak-Nya. Bagaimana coba, kita ngerti tentang apa yang Ia pikirkan? Apa yg Ia inginkan bagi kita? Saya nggak habis pikir waktu itu dan terus bertanya-tanya pada siapa saja. Kebanyakan dari mereka bilang, mendekatlah pada-Nya. Kalau kita dekat, pasti Ia akan menunjukkan kehendak-Nya. Pas saya denger, yang ada dipikirkan saya,”Ini jawabannya klise banget. Saya butuh yang konkretnya! Gimana pula kita dengar jawaban dari Dia? Emang Tuhan entar bilang, ‘Keputusan ini yang harus kamu ambil, Fany’?”

Tapi ternyata jawaban mereka yang keliatan enggak konret itu bener-bener ajaib loh. Saya berusaha sedekat mungkin pada-Nya. Meskipun terkadang memang perlu perjuangan yang keras. Tiba-tiba saja saya merasakannya. Saya mendapatkan jawabannya. Dan setelah saya berani memutuskan jawabannya, saya baru menyadari bahwa ternyata rencana-Nya memang lah yang terbaik. Semuanya terlihat jelas setelah saya memutuskannya. Meskipun setelah memutuskannya masih terasa berat, tapi saya merasa benar-benar bersyukur :)

Banyak hal yang harus saya putuskan lagi. Saya rasa, semua orang juga begitu. Baik itu keputusan kecil, maupun keputusan besar. Semuanya sama aja kok. Karena Tuhan nggak lihat perkara yang kecil dan yang besar. Malah dari perkara yang kecil itu, kita bisa belajar untuk menghadapi perkara yang lebih besar, lebih besar lagi, dan mungkin super besar.

Dan jangan lupa, bawa segala perkara ke hadapan-Nya. Jangan cuma  mengasihani diri sendiri. Berserulah pada-Nya dan biarkan Ia yang pulihkan hidupmu :)


Stay close with God. God will answer all of your prayers :)

5 comments:

  1. Jawaban sengaja terkesang disembunyikan agar kita mampu menggali makna dari hidup ini...
    nice post...keep follow

    ReplyDelete
  2. apa yang kita inginkan belum tentu yg terbaik buat kita. Hanya Dia yang tahu, apa yang terbaik untuk kita. God will answer our prayers with His ways :)

    ReplyDelete
  3. dekat dg Tuhan memang membuat masalah jadi lebih ringan walaupun belum selesai

    ReplyDelete
  4. mang benar tidak ada namanya yg kebetulan,semua suadah direncanankan oleh NYA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. Kritik dan sarannya sangat bermanfaat buat saya. Terima kasih :)